October Campus atau yang lebih akrab didengar  dengan sebutan OCTOPUS pada tahun 2013 tepatnya pada tanggal. Acara ini diselenggarakan oleh komunitas radio Universitas Pasundan, yaitu Pasundan Radio.

Ini merupakan tahun pertama acara musik indie ini lahir bertempat di lapangan parkir depan kampus FISIP UNPAS di jalan Lengkong Besar no 68, OCTOPUS 2013 dibuka dari pukul 16.00 WIB oleh penampilan dari Jeyhan si Kabayan jago sulap dan diisi oleh performance dari beberapa band seperti For Revenge, Rocket From Alaska, Muchos Libre, D’sas, Gloria, dan Stand Here Alone.

Dengan acara OCTOPUS ini, Pasundan Radio ingin memanjakan pendengar atau yang biasa disebut sobat kampus bisa menikmati musik khususnya Indie.

Tahun berikutnya pada hari Jumat, 24 Oktober 2014 Pasundan Radio kembali menggelar acara musik indie ini untuk kedua kalinya.OCTOPUS  bertemakan “Harmonisasi dengan Semesta” .

Sebuah acara yang bernuansa mother nature. Berlokasi sama seperti OCTOPUS sebelumya yaitu di lapangan parkir depan FISIP UNPAS dimulai dari pukul 16.00 WIB, OCTOPUS “Harmonisasi dengan Semesta” ini dibalut oleh penampilan dari beberapa band seperti  Fiersa Besari, Rusa Militan, Many more, Alvin & I dan Time out.

Semesta merupakan sebuah kebebasan yang beraturan, sehingga dalam OCTOPUS ini, para penikmat musik bisa memasuki lokasi acara secara free seperti menikmati kebebasan di alam bebeas dan dilengkapi dengan balutan musik-musik yang disajikan teratur.

Setelah sukses pada OCTOPUS sebelumnya, Jumat 23 Oktober 2015 lalu,Pasundan Radio mengadakan lagi event tahunan dari program siaran Soundation itu untuk ketiga kalinya yang bertempat di lapangan depan kampus UNPAS 1 di jalan Lengkong Besar no 68. OCTOPUS 2015 bekerja sama dengan PT.KAI mengangkat tema “HUMANIZE”.

OCTOPUS tahun lalu agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena bertemakan HUMANIZE yang bermakna bahwa setiap manusia sebagai makhluk hidup harus mampu melangsungkan, mempertahankan, dan mengembangkan dirinya. Aspek HUMANIZE menitikberatkan pada manusia yang saling menghargai satu sama lain. Tema ini dipilih untuk menunjukan bahwa setiap manusia mampu mengekspresikan dirinya secara kreatifdan merealisasikan potensinya secara utuh karena manusia mampu mengexplore dirinya sendiri untuk menciptakan sesuatu hal yang baru.

Acara yang dimulai dari 08.00 WIB yang diawali dengan program charity & donor darah dari KSR UNPAS . Pada sore hingga malam hari mulai dimeriahkan oleh penampilan dari Cosplay JAPAS, Teater 193 dan band - band Indie seperti Angsa Serigala, Mr. Sonjaya, Afterisya selain itu ada juga band audition seperti Garfield, The Phone,dan Clover Field. Juga menghadirkan penampilan anak-anak dari Rumah Bintang dan penyerahan donasi kepada mereka. Selain itu sobat kampus yang datang bisa menikmati konten lain yang ada di dalam OCTOPUS yaitu bazaar , dan yang paling penting adalah free entry, siapa saja bisa menikmati kemeriahan dari OCTOPUS yang disajikan oleh Pasundan Radio.

OCTOPUS merupakan kependekan dari October Campus yang merupakan program off air tahunan dari Soundation yaitu program siaran musik Indie di Pasundan Radio.OCTOPUS merupakan acara yang mengedepankan unsur hiburan anak muda, yaitu musik.Oleh karena itu konten acara dari OCTOPUS addalah music indie performance, OCTOPUS juga menyajikan banyak konten yang sangat digemari anak muda yaitu bazaar. OCTOPUS membuka untuk setiap sponsor membuka stand di dalam spot area acara selain itu kami juga mengundang komunitas-komunitas terkenal di Bandung untuk meramaikan acara OCTOPUS.

Pasundan Radio merupakan radio komunitas di Universitas Pasundan. Pasundan Radio berdiri dengan semangat anak muda yang kaya akan kreatifitas, imajinasi dan inovasi sehingga dapat memberikan kontribusi besar dalam menyediakan informasi dan hiburan bagi pendengar (sobat kampus). Selain On Air, Pasundan Radio juga sering melakukan kegiatan yang bersifat Off Air tujuannya adalah untuk memperkenalkan Pasundan Radio secara langsung kepada sobat kampus utnuk membuat kegiatan yang positif dan bermanfaat seperti OCTOPUS (October Campus).

 

Go to top