Sobat kampus taukah kamu dunia akan selalu memperingati  Hari Penyandang Cacat Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Desember.

 

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para penyandang disabilitas atas kesulitan yang mereka alami, perserikatan bangsa- bangsa (PBB)  menetapkan 3 desember manjadi Hari disabilitas internasional tepatnya dari tahun 1992.

 

Tahun ini, PBB mengusung tema 'memberdayakan dan memastikan inklusivitas dan kesetaraan penyandang disabilitas.'

 

Berdasarkan data dari PBB, dikutip dari CNN, terdapat lebih dari 1 miliar orang atau sekitar 15 persen orang di seluruh dunia hidup dengan disabilitas. Separuh dari penyandang disabilitas itu bahkan tidak mampu membayar perawatan kesehatan.

 

Data PBB menyebut, penyandang disabilitas mengalami kesehatan yang  kurang baik, prestasi yang lebih rendah, peluang ekonomi lebih sedikit, dan tingkat kemiskinan yang lebih tinggi dibanding orang-orang tanpa disabilitas. 

 

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh banyaknya hambatan yang dihadapi dan kurangnya layanan yang tersedia bagi penyandang disabilitas seperti teknologi informasi dan transportasi.

Kendala-kendala ini sebenarnya bisa diatasi dengan menyediakan kebijakan, lingkungan fisik, dan sikap sosial yang antidiskriminasi. Orang dengan disabilitas berhak mendapatkan pelayanan yang setara dengan orang-orang lainnya.

 

Sobat kampus bisa Ikut untuk  memperingati Hari Disabilitas Internasional dengan turut menggaungkan tagar #HariDisabilitasInternasional yang menduduki topik terpopuler di platformTwitter.

 

Sumber: CNN Indonesia

Editor: Aradea

Go to top