nyunyu.com -- Sering banget terjadi nih, ketika lulus kuliah, si alumnus itu bingung mau kerja di mana. Akhirnya, random ngelamar kerjaan. Udah gitu sakitnya, pas ngelamar kerjaan, ditolak perusahaan mulu lagih. Kalau udah gini, biasanya mereka-mereka ini memutuskan buat dua hal: terus nyoba lagi, atau kuliah lagi.

Nggak sedikit lho yang pas gagal mulu ngelamar kerja, karena ngerasa nganggurnya kelamaan, akhirnya mutusin buat kuliah lagi. Ya ada yang emang kepengin kuliah, ada juga yang mikirnya, “Kuliah lagi aja ah, biar nanti dapet kerjanya gampang. Kan S2.”

Buat kalian para Freshgraduate yang entah apa motifnya kepengin nyambung ke S2, percayalah, kalian akan merasakan hal ini begitu masuk kelas S2:

1. Bangga dan Bawaannya Mau Pamer Mulu

Ada kebanggaan tersendiri ketika kita ngambil Master Degree. Ya, kebanggaan itu nggak hanya dari diri sendiri aja sih, dari orang-orang yang ngeliat pun pasti mikir, “Gilaaaa, S2 meeen! Gokil!! Keren abis!!”

Nah, karena paradigma masyarakat yang sampai kini memandang S2 itu keren, nggak heran nantinya begitu udah resmi jadi mahasiswa Master Degree, kalian bawaannya pengen pamer mulu. Pengen nunjukkin, “Gue lagi S2 lhooooo!”

2. Minder Ngeliat Temen Sekelas

Yang kalian akan rasakan begitu masuk di kelas pasti minder. Apalagi waktu perkenalan diri di kelas. Kan mayoritas udah pada kerja tuh, tempat kerjanya keren-keren. Wibawanya juga dapet lagi.

Nanti kalian pasti sekelibat mikir, “Njir, keren-keren gila udah pada kerja. Lah w mah apa tuh, cuma sobekan Royco.”

3. Kebanyakan Diam Karena Bingung

Dan kalian pun saya jamin akan banyak planga-plongo di kelas. Ya, itu semua karena bingung mau ngajak ngobrol siapa. Mau ngajak ngobrol temen sebelah kanan, potongannya udah manager. Mau ngajak ngobrol temen sebelah kiri, potongannya udah ibu-ibu menyusui. Alhasil karena udah bingung ngajakin ngobrol dengan topik apa (gak mungkin kan ngomongin Pokemon Go?), jadi lebih milih diam. Mau ngomong kalau diajak ngobrol aja.

4. Semua Hal itu Harus Ada Dasarnya

Kita yang biasanya di S1 kalau ngomong asal jeplak nggak diomelin dosen, begitu masuk kelas S2, siap-siap, segala omongan yang kalian keluarkan dari mulut, akan ditanya dasarnya apa. Kalau ada teori, teorinya apa.

Welcome to S2! Boom!

5. Mikir, “Ternyata selama ini gue bego banget”

Awal-awal perkuliahan, mayoritas freshgraduate yang masuk kelas ke S2 pasti mikir gini, “Njir, gue bego banget ternyata”. Lalu akan terlintas juga di pikiran, “Njir, kemarin-kemarin gue di kelas ngapain aja ginian doang nggak tau.” atau, “Ini kenapa di kampus gue nggak pernah ada sih?!”

 

Dan masih banyak keheranan lain.

Jadi guys, ada yang mau langsung lanjut S2 dari S1? Buat kalian yang pengin lanjut, sebenarnya kuncinya satu: Percaya diri. Mau setua apapun temanmu, begitu di kelas, ya dia temanmu. Cukup staycool, sok tua, dan sopan aja. Pasti obrolannya nyambung.

Go to top